Laman

Minggu, 28 Februari 2016

ANTARA GORENGAN, MINYAK PLASTIK DAN LILIN


ANTARA GORENGAN, MINYAK PLASTIK DAN LILIN
       Gorengan Merupakan makanan favorit orang Indonesia. Keripik-keripik, pisang goreng, cireng, dan yang lainnya yang sejenis tentu gurih dan enak harganya murah dan juga mudah ditemukan. Inilah alas an-alasan mengapa gorengan mengjadi cemilan favorit orang Indonesia. Tapi tahukan anda apabila anda terlalu mengkonsumsi gorengan dapat berbahaya bagi kesehatan anda. Contohnya pedagang gorengan  di pinggiran jalan menggunakan plastik untuk membungkus gorengan. Tahukah anda bahwa plastik yang digunakan adalah plastik daur ulang. Atau biasanya pedangan juga menggunakan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai seperti Koran bekas atau majalah bekas untuk pembungkus gorengan. Perlu anda ketahuai bhwa tinta yang da pada kertas atau majalah tersebut jika terkena panas atau gorengan yang panas maka akan larut dan jika termakan dengan frekuensi sering maka akan menyebabkan akumulasi pada jaringan tubuh. Ditambah dengan minyak yang biasa digunakan sudah berulang kali oleh pedagang biasanya terdapat zat radikal bebas yang dapat beresiko terhadap tubuh manusia. Jika sering mengkonsumsi gorengan bisa saja meningkatkan kolesterol pada tubuh.

 
DAMPAK BAHAYA MAKAN GORENGAN
     1.  Bahaya kertas bekas untuk pembungkus gorengan
Kertas bekas seperti majalah, Koran atau kertas yang sudah tercampur dengan tinta sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena didlam tinta terdapat timbale yang bersifat racun. Bila terkena panas tinta dapat mudah terlarut dalam makanan.
     2.  Bahaya Kantong kresek hitam sebagai pembungkus gorengan
Kantong kresek hitam adalah bahan daur ulang plastik-plastik bekas.kantong plastik hitam selain tidak higienis bila digunakan langsung untuk membungkus makanan akan melepas bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam kresek hitam tersebut dan tercampur kedalam makanan atau gorengan tersebut yang akan menimbulkan kanker dan gagal ginjal.

BAHAYA GORENGAN BERCAMPUR PLASTIK DAN LILIN.
Bahaya  mengkonsumsi gorengan yang bercampur dengan plastik atau lilin dapat menyebabkan:

Gangguan Pencernaan
Bila anda merasa perut anda tidak nyaman di perut merupakan gejala dari adanya gangguan di pencernaan. Gangguan pencernaan terjadi karena makanan berlemak dan asam. Kunyahlah makanan dengan baik sehingga makanan dapat dicerna denan baik. Dan anda tidak akan mengalami masalah pencernaan.

Tukak Lambung (Ulcer)
Tukak lambung adalah luka yang terjadi di sekitar bagian dalam lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri. Penyakit ini disebabkan bakteri yang disebut Pylori. Gorengan menyebabkan keasaman dan ulkus di perut Anda. Jadi, kurangilah mengkonsumsi gorengan.

Nyeri Dada
Nyeri dada atau heartburn merupakan sensasi terbakar pada dada yang sering menjadi parah pada saat mengambil posisi berbaring atau membungkuk. Heartburn disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esofagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung). Cara terbaik menghindari masalah ini adalah dengan mengurangi konsumsi gorengan dan menggantinya dengan makanan yang direbus.

CIRI-CIRI GORENGAN BERCAMPUR PLASTIK ATAU LILIN
      1.       Tekstur gorengan renyah sekali.
      2.        Adanya bercak putih di gorengan tersebut.
      3.        Rasa gorengan renyah dan agak pahit.
     4.   Jika gorengan tersebut dibakar menggunakan korek api maka gorengan tersebut  akan mudah terbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar