Laman

Sabtu, 20 Februari 2016

KAPORIT




            KAPORIT atau kalsium hipoklorit adalah suatu senyawa kimia dengan rumus Ca(ClO)2. Senyawa ini luas digunakan untuk pengolahan air dan sebagai zat pemutih (serbuk pemutih). Zat kimia ini dianggap relatif stabil dan mengandung klor yang  lebih banyak ketimbang natrium hipoklorit (cairan pemutih).
            Klor ditemukan oleh Schecle pada tahun 1774 sebagai senyawa asam klorida dan dinamai oleh Davi pada tahun 1810 sesuaidengan warnanya(cloros:kuning hijau) yang menyatakan bahwa klorin benar-benar unsur baru, bukan senyawa asam yang mengandung oksigen. Klor ditemukan dalam kerak bumi sebagai mineral ion-ion klorida seperti batu garam NaCl,karnalitKCl.MgCl2.6H2O, dan kloroargirit AgCl, juga terdapat dalam air laut.
            Zat kimia pemutih ini dapat dihasilkan melalui proses kalsium:
2Cl2 + 2Ca(OH)2 → Ca(OCl)2 + CaCl2 + 2H2O
            Serbuk pemutih ini secara aktual merupakan campuran dari kalsium hipoklorit  (Ca(ClO)2) dan klorida dasar CaCl2, H2O dengan beberapa keping kapur, Ca(OH)2.
            Tanpa kita sadari, kaporit yang terkandung dalam air yang kita gunakan untuk mandi dua kali sehari itu adalah salah satu penyebab utama masalah kecantikan dan kesehatan kita. Kaporit umumnya ditambahkan kedalam air kran atau kolam renang sebagai bahan pembunuh bakteri seperti E.coli, pembasmi lumut dan pembasmi jentik nyamuk.
            Senyawa  ini juga sering digunakan sebagai pemutih kertas dan tekstil pada industri. Kaporit sering digunakan untuk membersihkan kolam renang dan membunuh bakteri yang
terdapat di dalam air kolam tersebut. Dengan  menggunakan kaporit, para
pemilik kolam renang bisa meminimalkan biaya dibandingkan dengan
mengganti air kolam dengan air bersih yang baru yang kuantitinya sangat banyak
banyak. Semakin banyak pengunjung untuk berenang di kolam renang
tersebut, semakin banyak kuman yang tercampur di dalam kolam sehingga
pemakaian kaporit pun semakin banyak. Selain itu kaporit juga bermanfaat untuk algasida, bakterisida, deodoran, desinfektan air minum dan air kolam berenang, fungisida; digunakan pada proses pemurnian gula; bahan oksidator; bahan pemutih; bahan dalam Camporit yang mengandung NaCl; bahan dalam HTH dan Perchloron.
            Efek negatif yang disebabkan kapori terhadap tubuh manusia ternyata bukan masuk melalui air yang kita minum, akan tetapi dari uap klor. Apabila kita mandi menggunakan air hangat, airnya mengandung kaporit yang akan mengeluarkan uap klor lebih banyak masuk ke dalam tubuh kita melalui pernafasan, mandi air hangat membuat pori-pori kulit semakin melebar yang mengakibatkan air yang mengandung kaporit dengan mudah masuk kepori-pori dan merusak sel.
            selain itu kapori juga dapatmerusak lapisan kolagen pada kulit yang mengakibatkan kerusakan sel. Hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan terlihat menjadi kusam dan tampak tua sebelum waktunya.
            Kaporit juga dapat merusak rambut terutama batang rambut, selain itu kaporit juga mengakibatkan iritasi kulit kepala dan memperburuk ketombe dan rambut rontok, rambut yang sering menggunakan bahan kimia seperti untuk pewarnaan, pengeritingan, rebonding, akan mudah patah dan kering yang disebabkan kaporit dan hal itu mengakibatkan rambut menjadi susah di atur, tampak kusam, kering dan kasar.
Sifat-sifat Kalsium Hipoklorit
Kalsium hipoklorit ialah zat padat-kekuningan yang mempunyai bau klor yang kuat. Zat ini sangt tidak larut dalam air, dan lebih baik digunakan dalam air sadah yang lunak sampai sedang. Senyawa kimia ini mempunyai dua bentuk: bentuk kering dan terhidrat. Bentuk terhidrat itu lebih aman untuk ditangani.
            Kalsium hipoklorit bereaksi dengan karbon dioksida membentuk kalsium karbonat dan melepaskan diklorin monoksida:
2Ca(OCl)2 + CO2 → CaCl2 + CaCO3 + Cl2O↑
            Kalsium hipoklorit bereaksi dengan asam hidroklorida membentuk kalsium klorida:
Ca(ClO)2 + 4 HCl → CaCl2 + 2 H2O + 2 Cl2

Kompasiana.com
Efek-buruk-kaporit-terhadap-manusia.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar