Laman

Jumat, 19 Februari 2016

KEAJAIBAN SI BULAT HIJAU KECIL DAN BAU YANG MENYENGAT



Hai kawan siapa yang tahu sayuran khas Indonesia satu ini yang berbentuk bulat kecil berwarna hijau dan baunya itu sangat khas ? Si kecil bulat hijau bau ini sangat di gemari penduduk Indonesia terutama kalangan masyarakat sunda. Apalagi kalau bukan petai. Mungkin sebagian orang ada yang suka dan ada yang tidak suka dengan buah yang satu ini karena bau khasnya yang sangat kuat dan menyengat hidung. Tetapi petai ini sangat nikmat apabila dikombinasikan dengan makanan lain yang memiliki aroma kuat atau dihidangkan sebagai lalapan. Tergantung daerahnya, petai ini dapat di olah menjadi berbagai ragam makanan favorit. Siapa sangka di balik kejelekan petai yaitu baunya yang sangat kuat petai ini menyimpan rahasia nutrisi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita.
Petai atau di beberapa tempat disebut mlanding adalah tanaman yang berasal dari negara tropis, seperti Indonesia. Sayuran dengan buahnya yang menimbulkan bau khas ini termasuk dalam suku polong-polongan. Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam petai dapat menyebabkan bau yang kuat pada flatus (buang angin) seseorang. Petai mengandung asam amino yang memberikan bau khas dan kuat pada air seni dimana efek ini dapat bertahan hingga dua hari setelah dikonsumsi. Asam amino yang banyak terdapat pada petai kaya akan unsur nitrogen dan sulfur yang akan diubah menjadi gas yaitu (H2S) dan menyebabkan kentut menjadi bau. Petai juga dapat memberikan aroma pada bau mulut setelah mengkonsumsinya. Nah inilah yang menjadi alasan sebagian orang untuk tidak mengonsumsi petai.
Tetapi kawan, jangan salah sangka dulu di balik baunya yang dianggap mengganggu itu, petai memiliki kegunaan yang sangat banyak dan baik untuk tubuh kita, seperti :
  • Petai mengandung tryptophan yaitu asam amino di dalam tubuh yang menghasilkan serotonin. Serotonin merupakan zat yang membuat seseorang merasa rileks dan bahagia, menurunkan stres, serta mampu mengendalikan mood.
  • Petai mengandung gula alami yang mampu menjadi sumber tenaga instan namun memiliki efek yang besar.
  • Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk pencernaan dan mampu mencegah terjadinya sembelit.
  • Petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada lambung dengan melapisi permukaan dalam lambung.
  • Petai mampu mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS) yang umumnya dapat sangat mengganggu.
  • Kandungan zat besi yang cukup tinggi dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia.
  • Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine”, makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 %.
  • Perannya sebagai antioksidan mampu mencegah berbagai radikal bebas dalam tubuh akibat dari makanan tidak sehat maupun lingkungan yang kotor merusak jaringan tubuh.
  • Tingginya kadar kalium pada petai dapat membantu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur detak jantung, dan membantu mengirimkan oksigen ke otak.
Nah selain itu, adapun manfaat dari mengonsumsi patai bagi kesehatan, diantaranya adalah :
1.      Sumber Energi
Jika dibandingkan dengan apel, petai ini memiliki empat kali lebih banyak protein, dua kali lebih banyak karbohidrat, lima kali lebih banyak vitamin A yaitu 200 IU/100   g dan zat besi yaitu 1,2 mg/100 g, tiga kali lebih banyak fosfor yaitu 115 mg/100 g, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Selain itu juga mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Peran vitamin C terutama adalah dalam proses penyembuhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres
2.      Kendurkan Saraf dan Menghilangkan Depresi
Mood dikendalikan oleh sistem kerja otak. Jika anda sering bad mood berarti anda mungkin kekurangan gizi. Kemampuan kerja otak dipengaruhi oleh masukan zat gizi. Salah satu zat gizi yang berperan memperbaiki mood anda triptofan (suatu asam amino yang terkandung di dalam petai).

3.      Obat Hati (Liver) dan Ginjal
Petai juga memiliki antioksidan yang baik sehingga bisa menghalau segala jenis radikal bebas yang sekarang ini mudah sekali ditemukan di kehidupan kita. Seperti produk pangan, terutama produk yang di goreng atau di bakar.

4.      Menurunkan Pengaruh Sidrom Jelang Datang Bulan (PMS)
Manfaat petai yang satu ini sangat luar biasa. Jika kita mengalami PMS (Premenstrual syndrome) yaitu sindroma menjelang datangnya menstruasi, seorang tidak perlu untuk minum obat apapun, cukup atasi dengan memakan petai. Vitamin B6 yang terdapat di dalam petai dapat mengatur kadar gula darah, sehingga akan membangkitkan mood dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi (1,2 mg/100 g). Petai juga menstimulasikan produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

5.      Menjaga Saluran Pencernaan
Petai mengandung serat dietary fibers membuat petai sangat baik untuk saluran pencernaan. Petai juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung. Selain itu petai juga sangat baik untuk menjaga suhu tubuh.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar