Laman

Senin, 21 Maret 2016

11 Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Kita



Manfaat Buah  Naga  – Buah naga adalah salah satu jenis  tanaman yakaskus  yang  berasal  dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko  yang  menyebar hingga keamerika tengah dan amerika selatan dan kemudian masuk ke asia seperti  negara kitaini   Indonesia dan asia tenggara lainnya seperti malaysa,  Vietnam dan juga taiwan. Bagi sebagian penduduk cina buah ini adalah pembawa berkah dalam setiap tradisi atau  ritual  yang  mana dalam tradisi tersebut buah naga diletakan diantara dua ekor patung naga dengan warna hijau  yang  diletakan  disebuah   meja  yang  disebut altar.  Hal ini karena buah naga  memiliki sisik  yang menyerupai naga dan warna  yang  mencolok.

Kandungan Buah Naga
Kandungan Buah  Naga
Gizi
Jumlah/100 gram
% AKG harian
Keterangan
Air
 87 g
NA
Banyak  Kandungan  Air
Protein
1.1 g
2.1 %

Lemak
 0.4 g
NA
Tidak ada kandungan lemak
Karbohidrat
 11.0 g
3.4 %

Serat
 3 g
12 %
Sebagai sumber serat  yang  tinggi
Vitamin  B1
0.04 mg
2.7 %

Vitamin  B2
0.05 mg
2.9 %
 Untuk kulit
Vitamin  B3
0.16 mg
0.8 %

Vitamin  C
20.5 mg
34.2 %
Lebih tinggi dari wortel
Kalsium
8.5 mg
0.9 %

Besi (Fe)
1.9 mg
10.6 %
Sumber besi  Yang cukup tinggi

Manfaat Buah Naga 
Dari  table  kandungan diatas  tentunya banyak sekali manfaat buah naga  yang  biasa  dimanfaatkan  apabila kita selalu mengkon sumsinya, Berikut       beberapa daftar manfaat buah naga :

1.  Memperpanjang  Usia
Dari beberapa penelitian yang  telah dilakukan   9 tahun dibandingkan orang   yang tidak memenuhi kebutuhan seratnya.

2. Menjaga Kesehatan  Mata
Kita  ketahui bahwa buah naga kaya akan  yang namanya beta karoten.  Dimana kandungan ini dapat berguna untuk kesehatan mata. Untuk menambah khasiatnya, buah naga  biasa  saja dicampur dengan wortel yaitu dengan cara membuat jus keduanya dalam satu wadah. Apabila anda rutin dalam meminum jus kombinasi ini diyakini mata akan terjaga dengan baik.

3. Mencegah Serangan Jantung
Di  Asia telah dilakukan penelitian akan hal ini, Dimana setiap orang  yang rajin mengkonsumsi buah naga maka dapat memperkecil serangan jantung  yang akan menimpanya. Hal ini disebabkan karena kandungan serat  yang terkandungn akan mencegah terjadinya penurunan tekanan darah dan inflamasi.

4. Menurunkan Berat Badan
Bagian anda yang  ingin  diet, silahkan mencoba menggunakan bahan alami seperti buah naga. Lagi-lagi kandungan serat  yang terkandung dalam buah naga mampu membantu perut akan cepat kenyang,  sehingga proses makanan dan bisa diatur dengan rajin mengkonsumsi buah naga ini.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang melimpah didalam buah naga seperti kandungan Vit C,  protein  dan juga  potassium  diyakini dapat menangkal penyakit  yang  akan datang. Jika anda adalah salah satu yang sering terserang penyakit apalagi kalau pergantian musim,    Silahkan mencoba mengkonsumsi buah naga dengan rutin setiap harinya.

6.Dapat  Mendeteksi Kandungan Boraks dan Formalin
Akhir-akhir ini banyak sekali  produk  yang dijual dipasaran sangat berbahaya seperti mengandung bahan-bahan  yang  tak seharusnya seperti Boraks dan  formalin. Untuk mendeteksi kandungan tersebut,  sebenarnnya sangatlah mudah yaitu menggunakan ekstrak buah naga  yang telah dicampur dengan air.  Kemudian rendam dengan air selama  15 menit, kemudian masukan tisu,   apabila tisu berwarna merah maka terbukti bahan tersebut mengandung boraks dan formalin.

7. Sangat Bermanfaat ntuk Ibu Hamil
Kandungan asam folat,   vitamin,  serat  yang  tinggi dalam buah naga ternyata sangat bermanfaat  untuk  ibu  hamil.    Hal  ini  dibutuhkan  dalam  proses pembentukan janin didalam Rahim,dengan mengonsumsi secara rajin danteraturhaltersebutadalahlangkahawaluntukpembentukanjanin yangsehat.

8. MenjagaKesehatanUsus
Kesehatan usus adalah salah satu hal  yang penting bagi setiap manusia. Oleh karena itu,  jangan sampai usus anda tidak sehat,  mulailah dengan mengkonsumsi buah naga dengan rajin dan teratur karena buah naga mengandung serat  yang  berfungsi sebagai salah satu penentu kesehatan usus kita.

9. Menjaga Kesehatan Tulang
Alternatif susu  yang tepat adalah buah naga.  Karena buah naga ini adalah pemasok kalium yang cukup besar,  menurut badan PBB  yang  menangani masalah pangan atau FAO,  kandungan kalsium dan fosfor buah naga sangat tinggi sehingga  bisa menjaga tulang dan tentunya    menjaga resiko osteoporosis.

10. Mengurangi Resiko Diabetes  Melitus
Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan  vitamin  B3  yang terdapat didalam buah naga dipercaya dapat membantu mengurangi kadar gula darah.   Nah tentunya,  apabila kadar gula darah  dikontrol,  Hal inilah yang  meminimalisir terserangnya diabetes bagi penderita diabetes tidak ada salahnya untuk selalu mengkonsumsi buah naga.

11. Mengobati gangguan Pernapasan
Gangguan pernapasan  yang sering diderita adalah batuk dan asma,  hal ini disebabkan oleh  flu  yang sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari,  dengan mengkonsumsi buah naga  yang  memiliki kandungan vit  c   yang  tinggi  membuat   system kekebalan tubuh juga semakin tinggi sehingga dapat melawan virus atau infeksi yang menyebabkan gangguan pada perapasan.

Demikian artikel sederhana ini semoga  membantu. Perlu diperhatikan,  bahwa sampai saat ini belum ada efek samping bila anda banyak mengkonsumsi buah super  ini.                                    Jangan ragu untuk mengonsumsi setiap harinya karena manfaat buah naga ini sangat besar sekali.

TERIMA KASIH DAN SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar