Laman

Senin, 28 Maret 2016

Zat Asam Pada Kalajengking Cambuk (Ketonggeng)



Zat Asam Pada Kalajengking Cambuk (Ketonggeng)
Salam sukses sahabat pencari ilmu, pernahkah sahabat tau atau melihat disekitar rumah atau di suatu tempat seekor kalajengking yang mempuyai ekor menyerupai cambuk? ya, mungkin sudah ada sahabat yang pernah melihatnya, lantas bagaimana tanggapan para sahabat? Tentunya bagi yang tak lazim melihatnya mungkin akan merasa takut dan kaget.
Selain bentuk ekornya yang aneh dan bentuk capitnya yang mengerikan ternyata ada fakta menarik mengenai kalajengking ini sahabat. Dari bentuk ekornya yang menyerupai cambuk inilah yang membuatnya sering dipanggil dengan sebutan Kalajengking cambuk atau yang biasa dikenal di Indonesia sebagai “ketonggeng”. Nah sahabat, kali ini saya ingin berbagi sedikit info mengenai kalajengking ini.
Kalajengking Cambuk atau yang biasa disebut Ketonggeng di Indonesia ini adalah sekelompok hewan beruas mirip kalajengking namun memiliki semacam "cambuk" di bagian belakangnya, alih-alih sengat. Semua ketonggeng termasuk ke dalam bangsa Thelyphonida. Sebelumnya, ordo ini digabung bersama Schiyomida membentuk ordo Uropygi. Dalam bahasa inggris hewan ini disebut "whip scorpions" (kalajengking cambuk).
Hewan ini mudah dikenali dari warnanya yang gelap, memiliki bagian depan mirip kalajengking (lengkap dengan sepasang capit di sekitar kepala), namun tidak memiliki "ekor" dengan ujung sengat seperti kerabatnya itu, ekornya menyerupai sebuah jarum kecil berwarna coklat. Panjang badannya antara 10 - 15cm Bagian abdom (disebut sebagaipygidium) dilengkapi dengan organ berbentuk cambuk (flagellum) memanjang yang agak kaku.
Nah sahabat, fakta unik dari Ketonggeng ini ternyata Kalajengking cambuk atau yang akrab disapa Ketonggeng ini (Whiptail Scorpion / theliphonyda) dikenal sebagai Vinegaroon (vine= cuka) karena ketika terancam, dia akan mengeluarkan macam2 zat asam dari perutnya termasuk asam semut (asam formiat) (CH2O2), klorin dan campuran asam asetat (C2H4O2) dan asam oktanoic (C8H16O2), tergantung dari spesies mereka, dimana zat terakhir yang dikeluarkan berbau seperti asam cuka. Hewan serupa yang termasuk kalajengking cambuk (juga dikenal dengan sebutan kalajengking cambuk tanpa ekor) dan kalajengking cambuk mikro.

Tapi sahabat tak perlu cemas,tenang saja ...
Karena binatang ini tidak seperti bentuknya/fisiknya yang menyeramkan. Ya, binatang ini tidak berbisa dan juga tidak bisa menggigit, hanya bisa mencapit. Dan bagi manusia ketonggeng ini tidak berbahaya sama sekali.Makanan ketonggeng adalah serangga-serangga, seperti jangkrik, kecoa, dan juga cacing.
Dan sahabat, untuk habitatnya sendiriKetonggeng ini biasa ditemukan di daerah tropis dan subtropis pada daerah kering di seluruh dunia. Mereka hilang di Eropa, Australia,  kecuali untuk suatu spesies terlihat di Afrika.  Mereka biasanya menggali lubang bawah tanah dengan pedipalpus mereka, dimana mereka mengangkut mangsanya.  Mereka juga mungkin berada pada liang di bawah kayu busuk , batu dan puing-puing alam lainnya. Mereka suka dengan kelembapan, tempat-tempat gelap dan menghindari cahaya.
Nah, jadi itulah sahabat keunikan dari seekor kalajengking yang biasa dikenal sebagai hewan kecil yang mematikan ternyata ada spesies kalajengking juga yaitu Ketonggeng ini yang tidak berbahaya bagi manusia walaupun bentuknya yang bisa dibilang unik dan menyeramkan, dan ternyata disaat kalajengking ini merasa terancam dia hanya akan mengeluarkan zat asam yang mempunyai aroma seperti cuka dari dalam tubuhnya.

 Sumber :


71 komentar:

  1. makasih info nya, di rumah saya sering menemukan binatang itu, baru tau kalo namanya ketonggeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya baru tau namanya ketonggeng....taunya asem asem itu namanya kata ema saya

      Hapus
    2. Bener banget itu dari kecil manggilnya kemasem, gk tau nama aslinya🤣

      Hapus
  2. Jadi ngerasa bersalah...
    Soalnya sering aku bunuh gara² takut membahayakan keluarga saya.
    Maaf ya....
    Nice info gan!

    BalasHapus
  3. Aduhhh... Barusan ta bunuh itu... Hbs ngumpet dibalik sendal anak... Tau gitu ya tangkep bwt koleksi peliharaan.

    BalasHapus
  4. Barusan masuk kedalam baju mengeluarkan bau dn sedikit panas juga bentol.sy lg tiduran di lantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit panas mksdnya itu seperti kena luka bakar bukan demam

      Hapus
  5. Ni hewan uda ane bunuh puluhan ekor. Suka ngumpet di sela-sela toilet. Tapi baru tau kalo namanya Ketonggeng. Hehe

    BalasHapus
  6. Ni hewan uda ane bunuh puluhan ekor. Suka ngumpet di sela-sela toilet. Tapi baru tau kalo namanya Ketonggeng. Hehe

    BalasHapus
  7. Baru tau nama dan manfaat daei hewan ini, krn sering kali ada di rumah... thanks buat infonya

    BalasHapus
  8. Gan beneran ga berbahaya? Soalnya baru aja kena cairan nya. Baunya kaya cuka dan panassss banget di kulit sampe memar dan merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cairannya kan bersifat asam, jadi kalo kena kulit bisa nunjukin iritasi..

      Hapus
    2. Bunuh aja bahaya..
      Ni br ja temen di sengat pas "anunya" langsung bengkak jd hampir sebesar kelapa..

      Hapus
    3. Bunuh aja bahaya..
      Ni br ja temen di sengat pas "anunya" langsung bengkak jd hampir sebesar kelapa..

      Hapus
    4. Bunuh aja bahaya..
      Ni br ja temen di sengat pas "anunya" langsung bengkak jd hampir sebesar kelapa..

      Hapus
    5. Bunuh aja bahaya..
      Ni br ja temen di sengat pas "anunya" langsung bengkak jd hampir sebesar kelapa..

      Hapus
    6. Iya ni ku juga barusan kena kek gitu rasanya panas

      Hapus
  9. Banyaakkkk banget di kamar mandi aku ...udh banyaaakkk juga yg kubunuh 😶 .tapi stelah tau mreka ga brbahaya ,tapi tetep ngeriii ....gmna kalo dia jalan2 keluar terus kecapit gituuuu.....
    Tapi bermanfaat juga ya Doi (ketonggeng) kalo suka makanin kecoa .hmm 🙄

    BalasHapus
  10. Ohiya trus baru ngeuh suka ada bau asem dikmr mandi stiap abis bunuh mereka
    Baru tauuu itu ternyata asalnya dari ketonggeng
    Makasih gan infonyaaaa

    BalasHapus
  11. Udah kubunuh sm googling tntg ini. Takut. Kupikir kalajengking. Soalnya td kucingku tbtb lari gak karuan arahnya dr bawah kursi trus kucingku bau kyk cuka gt. Aku lap. Dia tenang ga lari2an lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa ini barusan kucingku lari lari ngumpet pas aku cek matanya berair ya mungkin karna cairan yg dikeluarin ketonggeng kali ya terus aku elapin dia diem

      Hapus
    2. samaa ini barusan kucingku lari lari ngumpet pas aku cek matanya berair ya mungkin karna cairan yg dikeluarin ketonggeng kali ya terus aku elapin dia diem

      Hapus
    3. Io, ni kucing ku baru kena matanya langsung lari2 gitu, ya Allah, kasihan... Takut ku cairan nya berbahaya,
      Untung langsung tak kasih teh, sama minyak zaitun sama lidah buaya, Alhamdulillah dikit reda matanya bisa buat melekk

      Hapus
  12. Aku pernah liat di dapur rumahku, tiba2 ngeluarin cairan gitu,,
    Pas aku pegang bau cuka banget tuh..
    Untung aja aku Lg makan baso,aku adukin aja tuh cairan sama baso yg aku pegang..
    Mantap gan rasanya,itung2 irit cuka juga..

    BalasHapus
  13. Sering ku bunuh sebab seperti nya cairan dan capitannya berbahaya deh,baru bunuh lagi sebesar 7 cm, btw sorry ya...

    BalasHapus
  14. iya ni saya jga baru kena sengatan nya ternyata gaberbahaya tapi agak panas mksh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sunhanallah...
      Dirumah saya jga bnyak sekali hewan ketongge g masuk, selalu saya bunuh karna takut ada racun atau apa.. hehe .ternyata ngga berbahaya. Gimana rasanya di semgat hewan ketonggeng sist? Soalnya aku palong tkut kena sengatan ketonggeng nya??

      Hapus
  15. Banyak nih di rumah. Itu formic acid nya bisa diekstrak nggak? 😂

    BalasHapus
  16. Sering muncul di toilet. Kalau dimatiin, baunya kecut asem gak enak. Thx infonya. Lain kali aku singkirin aja.

    BalasHapus
  17. udah nemu 2 kali di dapur.. baru tau namanya ketonggeng.. ternyata ada manfaatnya yaa.. dia makan hewan yg geli2 bgt hihi

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Pantesan kalo diinjek selalu bau asem

    BalasHapus
  20. Baru Nemu dikamar mandi di dalam ember yg berisi air pas ku angkat awalnya gw kira mati,namun setelah di siram pake cairan pencuci piring kyk yg hidup lagi, trus langsung aja gw bunuh, gw kira tuh bahaya ternyata ngk berbahaya to, tapi respon aja takut kena anak

    BalasHapus
  21. Asli gua baru tau kalo itu namanya ketonggeng. Gua pikir itu kalajengking. Gua baru nemuin 2x dirumah. Thnks infonya. Salam kenal untuk KETONGGENG

    BalasHapus
  22. Anjir gw nemu di kamar gimana nih?? Dia ngumpet lagi (bunuh gk nih)abis ngeri gw sama serangga apa lagi bentuk nya gitu bingung mau bunuh apa enggk dia gk berbahaya tapi bentuk bya ituloh🤐 sial (ada saran)??

    BalasHapus
  23. Baca ini karena cari tau, belakangam ini tiba tiba di kamar mandi ada kalajengking, dan thank you infonya, lega ane

    BalasHapus
  24. barusan ane mukul2 pke serokan2 + wapol ijo td..

    BalasHapus
  25. sudah sebulan belakangan ini selalu sya temukan ketonggeng di ksmar mandi sy.
    awalnya selalu sy bunuh atw sy buang.
    setelah sy bc artikel ini.hr ini sy mndapatkan satu ekor lg.sy bepikir bgimama kl buat makan ikan louhan sy sj.hihihi terimakasih infonya sngat membantu...

    BalasHapus
  26. Ini binatang yg ujung ekornya kaya jarum itu ya,,, hr ini udah dua ane bunuh dan sangat menyengat bau nya asem sekali,,,

    BalasHapus
  27. baru nemu hewan ini d rmh yg baru,, ukuran nya ada yg kecil ada yg gede
    pantes selalu bau cuka klo ada ini serangga,
    baru tau namanya ketonggeng
    hihihi

    BalasHapus
  28. Aku kena cambuknya,bekasnya perih kaya luka bakar,aa

    BalasHapus
  29. Aku malah baru Nemu terus search disini...eh jadi tau . .
    Ayo sapa yg mau lanjutin rawat sebelum saya buang....he...he...

    BalasHapus
  30. Cairan dari hewan ketonggeng nya 1 liter 5Miliar

    BalasHapus
  31. Dikamar mandiku banyak...ya aku bunuh soalnya mirip kalajengking sih

    BalasHapus
  32. iya baru tau jg gw klo nama nya ketonggeng... soalnya aneh aj pas ngeliat tuh hewan, ini binatang ap yak ..hehe

    BalasHapus
  33. Gua kira hewan ghoib, barusan ada, eh sekarang dah ilang

    BalasHapus
  34. Di kamar mandi aku nemu ketonggeng udah 6x ,bau cuka .tapi lgsg saya bunuh,takut kena kluarga ku

    BalasHapus
  35. baru saja aq semprot pake semprotan serangga. hbs nya dekat bngt ma kaki anak q.

    BalasHapus
  36. Barusan ane bunuh tuh hewan njir, ane kira bahaya ternyata gak juga yak. Tapi ane takut ama bentuknya, emang serem gan. Trus kalo ane bunuh emang baunya asem asem gaenak gitu. Makasih infonya gan

    BalasHapus
  37. Pas abis ngebunuh nih si kunyuk tonggeng tengah malem ada disamping kasur, kaya org bego gw bau apaan njir apa ada kunti busuk gitu asem gajelas eh taunya dari si tonggeng yg ngeluarin bau itu.

    *btw gw bunuhnya gw getokpake parfum hugo boss material full kaca yg gw beli dijepang. Nyesek njir untung kaga pecah efek panik......

    BalasHapus
  38. Pas abis ngebunuh nih si kunyuk tonggeng tengah malem ada disamping kasur, kaya org bego gw bau apaan njir apa ada kunti busuk gitu asem gajelas eh taunya dari si tonggeng yg ngeluarin bau itu.

    *btw gw bunuhnya gw getokpake parfum hugo boss material full kaca yg gw beli dijepang. Nyesek njir untung kaga pecah efek panik......

    BalasHapus
  39. Barusan nemu pas lagi tidur aga bau cuka gtu, kirain kelek ane yg bau cuka :v
    Pas buka mata ternyata binatang ini deket tangan, seketika langsung bangun dari tmpat tidur dan siku ane terasa panas.

    Langsung ane tutupin kalajengkingnya pke gelas aqua kosong dan ekornya langsung keatas capitnya keatas seperti huruf "U" trus ane tinggalin mau basuh siku pake sabun ke kamar mandi dan pas balik lagi kalajengkingnya hilang, dicari-cari ga nemu, kayanya dia pake Zetsu :v

    Dan smpet mikir ada org GG alias Guna-Guna wkwk. Langsung ane searching google, Eh.. ga lama dia balik lagi, karena udah tau, ga ane dibunuh cuma tutupin pake aqua trus bawahnya pake kertas langsung buang deh ke selokan deket rumah.

    Cuma masih aga bau cuka dikamar, sama siku masih kerasa panas kaya yg kena sunut rokok, awalnya dikulit warna putih trs skrng warna merah. Karena udah tau ga begitu bahaya ane pake odol aja siku ane :v

    Sebenernya ini bukan yg pertama kali nemu kalajengking ini, sebelumnya ane nemu di dalem bak mandi di rumah nenek. Ternyata kalajengking ini bisa hidup juga di dalem air.

    BalasHapus
  40. Trimakasih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  41. Njir gw bwru tdur di bawah tiba2 nih kalajengking algajo dengwn cambuknya lewat trus gw gebuk pake guling malah ngscir dia cepet beut, hilih..

    BalasHapus
  42. hari ini ada yang meninggal ditempat saya..katanya sih dicapit sama hewan ketonggeng ini ada bekas capitan dan bentol bekas capitan tersebut sampe nyebabin dari mulut keluar busa..wallahualam bisawab

    BalasHapus
  43. Udh bnyk yg gua bunuh karna gue takut sm binatang2 aneh . Takut ngegigit anak gue
    Cz suka kaget kalo hewan itu nongol dikamar mandi

    BalasHapus
  44. Bangun2 malem2 gini. Ada yang geli2 masuk ke piyama, dan ternyata hewan aneh dengan bentuk menyeramkan. Langsung aja aku bunuh. Sambil was2 nih perasaan. Itu hewan apa? Soalnya baru nemu bentuknya kek gitu. Hewan beneran atau jadi2an gt.. Langsung aja aku searching di mbak Google, dan alhamdulillah nemu artikel ini. Aku jd agak lega. Thanks infonya..

    BalasHapus
  45. Barusan ada di dkt kaki aku lumayan besar , lagi enak2 sarungan . Untung ga masuk kedlm kain sarung 🙄 reflek karna sendirian dirumah langsung aku tindihin pake kardus bekas akua gelas yg isinya 2 helm . Ga aku matiin cuma aku tindihin biar dia ga kabur . Abis itu langsung bau cuka bgt .

    Lagi enak2 nntn tv jam 4 pagi .

    BalasHapus
  46. Lagi enak-enak nonton film di laptop. Gw ngeliat kucing gw kya lg ngikutin sesuatu secara pelan-pelan, gw penasaran dong langsung gw samperin, takutnya dia lg ngikutin kecoa. Giliran udah gw samperin ternyata bukan kecoa melainkan hewan ini, karena gw phobia sm hewan jenis kalajengking langsunglah gw ambil katana buat mukul hewan ini. tp sebelum gw pukul, malah kucing gw kena semprotan dari hewan ini, baunya menyengat kya zat kimia, sampai" kucing gw sering ngelap" mukanya terus 🤣 . Beruntung punya kucing, kalau gak hewan ini masuk ke dalam tas gw.

    BalasHapus
  47. Baru aj tdi dibunuh mama,gr" takut kena sengatannya.soalnya baru pertama kali liat hewan yg kek gini

    BalasHapus
  48. Istri sy sering liat di kamar mandi. Saat sy timpah pke sikat cucian tercium bau masam cuka.

    BalasHapus
  49. Ane kira ketonggeng itu yg lebih gede daripada kalajengking,klo yg itu sogok upil 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp alhamdulillah ane belum pernah membunuhnya 1pun walaupun sering liat dikamar mandi,paling ane usir aja

      Hapus
  50. Saya ini baru kena waduh panas and takut juga pas liat artikel ini alhamdulilah ga bahaya.awalnya aku pake jas hujan tau2 panas ditangan agak kesemutan juga langsung ane cuci dan kompres pake es alhamdulillah aga enakan

    BalasHapus
  51. dikasih apa ya barusan mata kucing kena cairan ketonggeng udah dilapin pake kain basah tp matanya bengkak ga bis melek

    BalasHapus
  52. anjiiiirr, abis shubuhan bru mak-less merem, trus denger kretek2, aku kira ada yg lg bunyiin badan abis pegel, eeh tau2nya ada si ketonggeng lg ketuk2 pintu gapake salam lagi. udh mah abis itu dia kentut, baunya kek cuka. klo ada baksonya sih lsg aku campur biar nikmat. udh gw jatuhin batu pas dia cri lubang, eeh malah ngeprank, trnyata msih idup. kabur dah dia masuk lubang ����‍♂️
    haturnuhun, sgt membantu sekali infonya, entah dri websitenya, juga dri coment2 kalian ��

    BalasHapus
  53. anjiiiirr, abis shubuhan bru mak-less merem, trus denger kretek2, aku kira ada yg lg bunyiin badan abis pegel, eeh tau2nya ada si ketonggeng lg ketuk2 pintu gapake salam lagi. udh mah abis itu dia kentut, baunya kek cuka. klo ada baksonya sih lsg aku campur biar nikmat. udh gw jatuhin batu pas dia cri lubang, eeh malah ngeprank, trnyata msih idup. kabur dah dia masuk lubang 🤦🏼‍♂️
    haturnuhun, sgt membantu sekali infonya, entah dri websitenya, juga dri coment2 kalian 🙏

    BalasHapus
  54. KUCINGKU HABIS DI CAPIT MUNGKIN. Lgsg matanya merem dan mulutnya berbusa ngiler. Penangananku KU GUYUR/ SIRAM AIR sebanyak2nya ke MATAnya. Ini penanganan plg ampuh dan wajib ya. Lalu ku minumin air kepala muda. Alhamdulillah baik2 aja. Semoga besok juga baik2 aja. Kalau ada yg baca ini krn kucingnya kenapa2 LANGSUNG SIRAM AIR SAMPE MATANYA MELEK YA.. DIBASUH POKOKNYA

    BalasHapus