Laman

Rabu, 09 Maret 2016

manfaat xenon dalam kehidupan sehari-hari




Manfaat Xenon Di Bidang Kesehatan

Manfaat Xenon Di Bidang Kesehatan - Xenon dengan kode kimia Xe 133 adalah golongan radiofarmaka yakni unsur radioaktif yang dapat dipakai untuk mencari dan menyembuhkan penyakit tertentu atau sebatas meneliti fungsi organ tubuh tertentu. Manfaat Xenon dapat dimanfaatkan dalam mendiagnosa gangguan paru-paru dan mengamati kondisi paru-paru. Juga untuk mengecek aliran darah dalam otak. Xenon harus digunakan dengan pengawasan dokter atau ahli kesehatan lain.

Tak cuma itu saja, manfaat Xenon pun bisa menghindarkan kerusakan otak pada bayi yang disebabkan keadaan tertentu. Diberikan dengan terapi gas xenon. Misalnya di Inggris di sebuah rumah sakit yang memberikan perawatan Xenon guna menghindarkan bayi lahir menderita cidera otak. Bayi yang menderita masalah kekurangan oksigen ketika lahir bisa diberikan gas Xenon ini. Luka tetap pada otak bisa terjadi yang memicu cacat seperti spastic paralysis bila kekurangan oksigen itu tak segera ditangani.


Terapi gas Xenon itu berguna dalam mencegah kematian sel saraf yang selanjutnya bisa mengakibatkan kerusakan otak dan memunculkan cacat. Manfaat xenon bisa memperbaiki efek pendinginan untuk memproteksi otak. Gas xenon sendiri biasa diaplikasikan terhadap orang dewasa ketika operasi bypass jantung, namun metode ini belum pernah dicobakan untuk bayi baru lahir.

Cara kerja penggunaan gas Xenon pada bayi adalah dengan membuat stabil bayi di suhu 33,5 derajat celsius, untuk kemudian diberikan Xenon melalui mesin pernapasan selama 3 jam. bayi dipertahankan supaya selalu dingin dalam 72 jam, kemudian dengan pelan-pelan mulai dihangati sampai akhirnya bayi mampu bernapas kembali dengan normal tanpa pertolongan mesin.
Tak terjadi akibat sampingan dan kesanggupannya untuk menjaga fungsi otak menjadikan terapi ini sangat potensial untuk digunakan terhadap bayi.

Manfaat Xenon pun biasa digunakan di kalangan para olahragawan, walaupun akhirnya dilarang dan dikategorikan sebagai penggunaan doping. Menghirup gas xenon dengan ditambahkan gas oksigen, dipercaya bisa memperbaiki stamina sebab gas mampu mempercepat produksi protein yang populer dengan hypoxia inducible factor 1, atau HIF1. H1F1 selanjutnya akan menstimulasi pembentukan erythropoietin (EPO) alami yang bertugas mengontrol kadar sel darah merah. Makin banyak sel darah, maka kian banyak gas oksigen yang bisa diangkut dan makin prima kekuatan tubuh olahragawan yang menghirupnya.

Sumber : http://7manfaat.blogspot.co.id/2015/01/manfaat-xenon-di-bidang-kesehatan.html?m=1.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar