Laman

Rabu, 16 Maret 2016

7 MANFAAT SANG RATU BUAH


Banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah ini, diantaranya sebagai obat antikanker, obat luka, hingga obat diare.

Namun, sebelum mengetahui lebih banyak mengenai manfaat yang terkandung di dalam buah ini, yuk kita kenalan dulu dengan buah yang satu ini!

Ada yang tahu buah apa yang mendapat julukan ratu buah ?

Ya, benar. Jawabannya adalah buah manggis.  

Manggis merupakan sejenis pohon hijau dari daerah yang memiliki iklim tropis yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara, seperti Thailand, Vietnam, dan di beberapa daerah di Indonesia.

Pohon ini biasanya tumbuh dengan tinggi yang menjulang mencapai 7 sampai 25 m. buahnya berwarna merah keunguan ketika sudah matang, meskipun ada juga varian yang kulitnya memang berwarna merah. Rasa daging buahnya berupa kombinasi antara manis dan kecut, maka tak heran jika para pecinta buah jatuh hati padanya.

Mengapa tanaman asli di Asia Tenggara ini  dijuluki sebagai ratu buah?

Julukan itu melekat karena di habitat aslinya sang ratu buah selalu tumbuh berdampingan dengan si raja buah, yakni durian. Tak hanya di Asia, bahkan kepopulerannya menjalar hingga ke benua Amerika dan Eropa.

Buah manggis dipercaya memiliki banyak manfaat yang salah satunya dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Mulai dari buahnya hingga akarnya.

Khasiat lainnya adalah sebagai sumber antioksidan, antijamur, an sidat antibakteri. Selain itu, manggis juga dapat menjaga kesehatan kulit kita dan menjaga berat badan.

Manggis juga merupakan buah segar yang kaya akan air, energy, protein, karbohidrat, dan serat. Mengandung banya nutris yang sangat penting bagi tubuh kita seperti kalsiun, zat besi, magnesium, fosfor kalium, natrium, seng, tembaga, dan mangan. Di samping itu, buah manggis juga mengandung banyak vitamin yang sangat diperkukan oleh tubuh, yakni vitamin C, B6, B12, dan A. senyawa-senyawa lainnya juga turut serta terkandung dalam buah ini seperti thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, asam folat, karoten dan cryptoxanthin juga ditemukan di manggis.


INGIN TAHU MANFAATNYA?

Berikut ini beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan:

1.    Anti-kanker

Kulit dari buah manggis ini mengandung xanthones yang merupakan zat anti-kanker, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Terdapat lebih dari 200 jenis bahan Xanthone di alam tetapi lebih dari 40 jenis xanthone terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan yang terbanyak. Kandungan Xanthones ini dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar, juga melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akibat radikal bebas.

2.    Anti-peradangan

Selama bertahun-tahun, manggis telah digunakan sebagai obat anti-peradangan. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti alergi dan anti peradangan, yaitu bekerja dengan cara menghambat pelepasan histamin dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh manusia.

3.    Antioksidan

Buah manggis diketahu mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthones,  dan mengandung berbagai senyawa lain yang memiliki khasiat obat.


4.    Sistem kekebalan

Manggis kaya akan berbagai nutrisi, mineral, vitamin dan xanthon yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh.


5.    Obat luka

Dengan sifat anti-bakterinya, manggis dapat dimanfaatkan sebagai obat luka yan gdapat dengan cepat menyembuhkan luka. Bagian buah dapat digunakan adalah daun dan kulit pohon manggis dapat dicampur dengan tanaman obat lain,  dan ditempelkan pada luka untuk pemulihan luka yang lebih cepat. Di samping itu juga dapat dikonsumsi sebagai ramuan herbal, yaitu dengan merebus daun dan kulit pohon manggis.


6.    Obat diare dan disentri

Buah manggis beserta kulitnya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan lambung. Secara efektif untuk mengobati gangguan perut seperti diare dan disentri.


7.    Mengatasi masalah menstruasi

Pada wanita, tanaman ini dapat membantu untuk mengatur siklus menstruasi yang teratur. Bagian yang dapat dimanfaatkannya adalah bagian akat yang memiliki khasiat untuk mengatasi masalah menstruasi.








ooo0     Semoga Bermanfaat     0ooo


Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar