Laman

Rabu, 09 Maret 2016

OBAT ANTI NYAMUK



NAMA : FIRLY
NIM :1415105038
KELAS : TMTK D

OBAT ANTI NYAMUK ≠ OBAT NYAMUK
Di dunia ini pasti ada nyamuk, tentunya. Terkadang kita sebelum tidur memerlukan yang namanya obat anti nyamuk, entah dalam bentuk apapun itu. Karena seiring berjalannya waktu dan tekhnologi, obat nyamuk pun kini tidak hanya obat nyamuk bakar saja melainkan ada yang semprot, listrik dan lain sebagainya.
Jika kita sering menggunakan obat nyamuk bakar dan sejenisnya untuk mengusir nyamuk, mulai sekarang kita harus lebih waspada dan lebih bijak dalam pemakaiannya. Karena semua jenis obat nyamuk apapun berbahaya namun kandungannya berbeda – beda. Terkadang kita tak pernah memandang tentang hal berbahaya yang terkandung didalam obat nyamuk tersebut. Kita hanya mementingkan keampuhannya dalam mengusir nyamuknya saja tanpa melihat dampak negatif yang akan menyebabkan pada kita.
Kandungan bahan kimia pada obat nyamuk yang kita gunakan setiap hari, yang berbahaya bagi tubuh, adalah sebagai berikut:
1.      Karsinogen
Zat ini adalah zat yang paling ampuh untuk membunuh nyamuk, namun zat ini akan berdampak negatif buat tubuh kita , melalui asap atau bau yang kita hirup secara terus menerus akan menyebabkan penyakit kanker.
2.      Polutan
Polutan pada obat nyamuk sangat berbahaya buat paru – paru manusia, apalagi bagi paru – paru nyamuk, maka nyamuk tersebut pun akan mati. Bahkan polutan dari obat nyamuk bakar dan sejenisnya itu lebih berbahaya  dari polutan yang dihasilkan oleh kendaraan dan asap pembakaran.
3.      Deet
Jika zat deet ini mengenai tubuh dan kulit manusia secara terus menerus  maka akan terjadi iritasi ringan hingga berat bahkan akan menjadi permanen. Dan bisa menyebabkan insomnia, iritasi perut, mual bahkan muntah sekalipun. Deet jika tertelan bisa mengakibatkan hipertensi  atau tekanan darah tinggi dan membuat jantung lemah. Deet juga jika terkena mata atau indra lainnya maka akan terasa terbakar ringan bahkan berat dan bisa pula merusak syaraf dan lebih parahnya lagi kematian pun bisa terjadi.
4.      Nikotin
Dampak dari obat nyamuk bakar(dan sejenisnya) selama 8 jam itu setara dengan merokok 100 batang rokok, itu satu kali bakaran saja, bagaimana jika dengan berkali – kali  dan pembakaran seterusnya mungkin? 1 rokok saja sangat berbahaya bagi tubuh bagaimana jika 100 bahkan lebih.
5.      Dichlorovynil dimenthyl phosfar (DDVP)
 Merupakan senyawa turunan dari chlorine.
6.      Phyrethrum
Zat ini adalah zat insektisida untuk serangga. Zat ini dihasilkan dari sari bunga krisan.
7.      Formaldehida
Zat ini tidak berwarna , mudah terbakar dan baunya sangat kuat/menyengat. Bau zat ini lebih kuat lagi dibandingkan dengan bau gas,tentunnya zat ini akan bermasalah pada hidung, hidung akan terkena sinus atau bhakan kanker sinus. saluran pernafasan/tenggorokan gatal , iritasi kulit, dan zat ini setara dengan 51 batang rokok yang dibakar.
8.      Octachlorodipropyl Eter
Ketika zat ini dibakar, maka akan menghasilkan zat berupa bischloromethyl eter (BCME). Zat ini merupakan zat penimbul kanker paru – paru akut.
9.      Transfulin , Plaletrin, dan Alletrin
Zat ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kenaikan hemoglobin jika digunakan dalam waktu 1 atau 2 jam saja.
Tanpa disadari selama beberapa waktu kita menghirup udara kotor bahkan tak segar lagi dan tanpa disadari itupun amat berbahaya bagi tubuh kita. Jika kita menghirupnya secara terus menerus maka tubuh kita akan rentan terkena penyakit karena kandungan berbahaya didalamnya. LEBIH BIJAKLAH DALAM MEMILIH SESUATU (OBAT NYAMUK) JJJJJJJ
T
E
R
I
M
A

K

A
S
I
H

SEMOGA BERMANFAAT :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar