Laman

Jumat, 18 Maret 2016



MANFAAT MADU yang BEGITU SUBHANALLAH

Sudah sekian lama madu dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Seiring berkembangnya ilmu kedokteran dan teknologi madu kini bisa dengan mudah ditemui dalam berbagai produk kosmetik atau kecantikan.
Zat gizi utama pada madu adalah gula dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Proposi glukosa dan fruktosa. Proposi glukosa dan fruktosa berbeda-beda tergantung pada konsistensi dan sumber nektar yang digunakan. Komposisi rata-rata madu menurut National Noner Board, Colorado, AS adalah 17,1 % air, 82,4 % karbohidrat, dan 0,5 % protein, asam amino, vitamin, dan mineral. Kandungan karbohidrat yang terbanyak adalah fruktosa, dan gula-gula lain. Kandungan gula tersebutmembuat madu berasa manis.
Nah pada artikel ini saya akan sedikit memberikan informasi yang saya dapat dari manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan
            Produk-produk kosmetik saat ini banyak sekali yang memanfaatkan ekstrak madu untuk mengambil khasiatnya. Dan berikut beberapa khasiat madu untuk kecantikan.
1.    Manfaat madu untuk rambut rambut, wajah, dan bibir.
-          Mencerahkan rambut
Ambil satu sendok teh madu dancampur ke dalam satu liter air hangat. Siram pada rambut yang telah dibilas untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.
-          Membersihkan wajah
Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka, yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci wajah dan bilas hingga bersih.
-          Menghilangkan jerawat
Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langka yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.
-          Mengatasi bibir kering
Punya bibir kering? Coba canpur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering.
2.    Manfaat madu untuk kulit
-          Perawatan kulit
Madu digunakan untuk mengobati kulit rusak dan mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
-          Melindungi kulit
Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultarviolet. Madu dapat digunakan sebagai tabor surya untuk melindungi kulit dan sinar matahari.
-          Mandi madu
Jika biasanya ada garam mandi dan minyak yang digunakan untuk mandi berendam, ganti bahan tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Fungsinya adalah menghaluskan dan membuat aroma kulit semakin segar.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan.
            Meskipun sekarang ini ada kecenderungan madu lebih banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan, namun tetap saja fungsi utamanya yaitu untuk kesehatan manusia. Nah, di bawah ini beberapa manfaat madu untuk kesehatan.
1.    Baik untuk diet
Madu mamiliki sifat yang unik, sebagai pemanis madu lebih mudah diserap oleh tubuh daripada gula artinyamadu lebih mudah menjadi energi di dalam tubuh manusia. Hal ini, disebabkan karena madu dapat langsung diproses menjadi glukogen sedangkan gula masih memerlukan enzim pencernaan di dalam usus, nah rahasia untuk dietnya adalah fakta bahwa madu 40 % memilki koleri lebih rendah dibandingkan gula pasir meski memberi energi lebih besar dapripada gula pasir. Meski memberi energi lebih besar daripada gula pasir sehingga madu 40 % lebih tidak menyebabakan berat badan dibanding gula pasir.
2.    Mudah dicerna oleh perutyang paling sensitif sekalipun
Meskipun madu memiliki keasaman yang tinggi namun mudah diterima oleh perut bahkan untuk perut yang paling sensitif, bahkan madu dapat membantu usus dan ginjal untuk dapat bekerja lebih baik.
3.    Sumber enargi
Jika kita meminum madu dengan air hangat maka hanya dengan 7 menit madu mampu berdifusi dengan darah. Inilah salah satu alasan kenapa madu sangat cepat untuk menambah stamina tubuh. Bukan hanya itu saja, jika kita lelah dan konentrasi manurun cobalah mengkonsomsi madu, karena gula bebasnya sangat dibutuhkan otak yang memang pengkonsumsi gula terbesar dibanding anggota tubuh lainnya.
4.    Pencegahan masalah pembuluh darah
Madu memilikin energi yang luar biasa sehingga mampu untuk membantu proses pemebentukan darah. Selain itu, madu membantu proses pembersihan serta peredaran darah, alasan inilah mengapa dengan mengkonsumsib rutin madu setiap hari dapat mencegah kita terhadap arteriosklerosis  atau masalah pembuluh darah.
5.    Antibotik
Madu adalah antibiotik alami yang berfungsi melindungi tubuh ari serangan petogen. Alasannya, gula memiliki kadar gula yang tinggi hal ini menyebabkan bakteri tidak mampu berkembang, madu memiliki pH yang tinggi hal ini menyebabkan patogen tidak dapat bertahan, dan madu memiliki senyawa hidrogen pe-roksida yang mampu membunuh miroorganisme patogen.
6.    Ekspektoran dan desinfektan ringan
Madu berkhasiat sebagai ekspettoran membersihkan dahak pada saluran pernafasan. Selain itu, mampu juga berkhasiat sebagai desinfektan ringan. Oleh karena itu, mampu mengobati radang tenggorokan. Bukan hanya itu, madu mampu merangsang produksi air liur sehingga dapat mengobati tenggorokan yang lebih kering ataupun teritasi.
7.    Mengobati luka infeksi
Madu mampu menyerap air pada luka sehingga mengurangi resiko infeksi serta membantu prses pembntukan jaringan baru, sehingga tidak heran kalau madu mampu mengobati borok, membantu pemulihan pasca operasi kanker vulva.
8.    Memperkuat sel darah putih
Dengan minum madu teratur setiap hari maka dapat memperkuat sel darah putih yang beperan membuhnuh bakteri serta penyakit penyebab virus.
           
            Ok itu tadi adalah beberapa tentang madu, saya yakin sebenarnya masih banyak khasiat atau sifat alami madu lainnya yang belum terungkap. Dan mungkin nanti saya akan update lagi. See you next time guys JJJJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar