Laman

Minggu, 13 Maret 2016

Hati – hati Mengkonsumsi Makanan Ringan

Di era modern ini banyak macam makanan yang dapat di konsumsi secara instans untuk memenuhi kebutuhan anda termasuk makanan ringan. Apasih makanan ringan itu ?
Makanan ringan, cemilan atau snack adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama ( makan pagi, makan siang, atau makan malam ). Makanan yang di anggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasukan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang di makan untuk di nikmati rasanya.
Namun di waktu ini juga banyak makanan yang mengndung bahan – bahan kimia tambahan yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi pengonsumsi kebanyakan adalah anak – anak yang sedang mengalami tumbuh kembang. Setelah membaca artikel ini pastikan anda bagi yang punya ank untuk mengatur pengkonsumsian makanan ringan yang berlebihan karena hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhannya. Lalu mengapa makanan ringan berbahaya bagi kesehatan ?
1.      Monosodium glutamat (MSG)
MSG atau yang sering di kenal vetsin berguna untuk memberikan rasa gurih pada makanan. Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan :
·         Dapat mengakibatkan penyakit asma
·         Mengalami sakit kepala
·         Menurunkan daya ingat
·         Kesulitan untuk tidur
·         Merasa ketagihan
·         Dan kemungkinan terburuk adalah menyebabkan penyakit kanker
Sebenarnya kita boleh – boleh saja menggunakan bahan tersebut, namun harus sesuai takaran.
2.      Aspartam
Aspartam bisa di temukan hampir di setiap kemasan makanan ringan. Bahan yang satu ini merupakan bahan kimia beracun yang diproduksi oleh perusahaan Monsanto. Aspartam telah banyak beredar di dunia tanpa terkecuali indonesia yang biasa di gunakan untuk bahan pengganti gula. Bahaya yang dapat timbul akibat pengkonsumsian yang terlalu berlebihan :
·         Memicunya penyakit limfoma
·         Resiko besar untuk terkena leukimia
·         Dapat menyebabkan kanker
3.      Pewarna makanan
Pewarna makanan adalah salah satu bahan yang harus selalu ada di setiap makanan ringan. Mengapa begitu ? ya karena dengan bahan tersebut dapat menarik anak – anak maupun orang yang melihatnya. Namun di balik itu terdapat efek buruk yang dapat mengancam kesehatan seperti :

·         Mengganggu fungsi hati
·         Menimbulkan iritasi pada kulit
·         Termasuk kedalam kasinogenik sehingga dapat memicu terjadinya penyakit kanker
4.      Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat
Kedua bahan di atas berfungsi untuk mengawetkan makanan. Bahaya dari Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat menyebabkan :
·         Kerusakan tiroid
·         Memicu terjadinya kanker


Sumber : http://bahaya mengkonsumsi makanan ringan.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar