Laman

Senin, 21 Maret 2016

Cerobong Asap




Cerobong asap adalah struktur untuk ventilasi panas gas buang atau asap dari boiler, kompor, tungku atau perapian ke luar atmosfer. Cerobong asap biasanya vertikal, atau sedekat mungkin ke vertikal, untuk memastikan bahwa aliran gas lancar, menarik udara ke dalam pembakaran dalam apa yang dikenal sebagai, atau cerobong asap, efek stack. Ruang di dalam cerobong asap disebut asap.

Untuk menghilangkan belerang dan belerang dioksida dari bahan bakar sebelum pembakaran dan dari gas-gas dalam cerobong asap setelah terjadi pembakaran, teknik yang dilakukan adalah memisahkan partikel-partikel pyirt yang merupakan sumber dari sulfur dioksida dan batu bara. Proses yang dilakukan adalah membakar butiran-butiran batu bara dalam tempat yang dialasi butiran-butiran halus dari batu kapur atau dolomite dengan adanya aerasi. Panas akan memecah batu kapur :
Caco3                                         cao + CO2
Kapur ( cao ) yang dihasilkan menyerap SO2
                Cao + SO2                                         caso3
Caso3 yang dihasilkan mungkin dioksidasikan menjadi caso4
            Untuk menghilangkan belerang dioksida dari cerobong asap dapat menggunakan dengan cara “ Scrubing”.

Biasanya cerobong berasal dari lingkungan pabrik atau rumah yang bergaya eropa. Sering kali kita lihat film-film barat ketika penghuninya berada di ruang tamu yang ada cerobong asapnya, kemudian menyalakan kayu bakar di bawah cerobong asap itu asapnya langsung tertarik keatas. Apakah dicerobong asap itu ada penyedit asapnya? Sebenarnya di dalam cerobong asap itu tidak ada penyedot asapnya hanya sebuah lubang yang tinggi menjulang keatas melebihi atap rumah.

Bagian atas cerobong berada di luar ruangan dan terdapat angin yang berhembus di  bagian atas cerobong. Akibatnya, tekanan udara disekitarnya lebih kecil. Udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat udara yang bertekanan rendah. Sehingga asap dari dalam bisa keluar melalui cerobong.

Sejarah cerobong asap ktika saat itu Roma menggunakan tabung di dalam tembok untuk menarik asap keluar dari toko roti tetapi cerobong asap nyata hanya muncul di Eropa utara pada abad ke-12. Cerobong asap industri menjadi umum di akhir abad 18. Contoh yang masih ada paling awal dari cerobong bahasa Inggris adalah di Conisborough Perlu di Yorkshire yang berasal dari 1185 AD.

Cerobong asap secara tradisional telah dibangun dari batu bata, baik pada bangunan kecil dan besar cerobong asap awal adalah sebuah konstruksi bata sederhana. Kemudian cerobong asap yang dibangun dengan menempatkan batu bata sekitar liners ubin Untuk mengontrol downdrafts ventilasi topi (sering disebut pot cerobong) dengan berbagai desain kadang-kadang ditempatkan di bagian atas cerobong asap.

Pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas, metode yang digunakan untuk mengekstrak memimpin dari bijih yang diproduksi dalam jumlah besar asap beracun. Di utara Inggris , cerobong asap dekat-horizontal lama dibangun, sering lebih dari 3 km panjang, yang biasanya diakhiri di cerobong vertikal pendek di lokasi terpencil di mana asap akan menyebabkan kurang merugikan dan perak deposito Lead terbentuk pada bagian dalam cerobong asap ini panjang, dan secara berkala pekerja akan dikirim sepanjang cerobong untuk mengikis dari deposito ini berharga.

Adapun fungsi cerobong asap adalah untuk meningkatkan menarik udara untuk pembakaran dan untuk membubarkan polutan dalam gas buang di wilayah yang lebih besar sehingga mengurangi konsentrasi polutan sesuai dengan batasan peraturan atau lainnya.



Sumber:

1 komentar:

  1. Babyliss Pro Titanium - TITanium-Arts.com
    Manufacturer: TITIUM-Arts.com. Product ecosport titanium Number: TINIUM-Arts.COM. Manufacturer: TITIUM-Arts.com. Description:. titanium element The burnt titanium original titanium curling iron toy for your collection for the T-Core, $7.99 · ‎Out of titanium body jewelry stock

    BalasHapus